AndrieSamaran's blog

Industri otomotif sangat bepengaruh terhadap perekonomian suatu negara, hal ini juga tentunya berkaitan dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah di masanya. Industri otomotif pun juga memiliki beberapa cabang seperti industri komponen, industri perakitan, industri manufaktur, dan lain-lain. Tetapi dalam penelitian ini penulis lebih condong mengarah ke industri manufaktur khususnya mobil. Perkembangan industri manufaktur yang terus berganti juga akan mempengaruhi strategi pemerntah dalam menetapkan suatu kebijakan, karena terpengaruh dalam pesatnya arus industri otomotif Indonesia sebagai negara berkembang (Investments, 2017).

Globalisasi yang terjadi membuat perubahan semakin cepat yang berdampak cukup luas ke dalam domestik maupun dunia Internasional. Hal ini membuat Indonesia semakin banyak terjalin kerja sama terhadap negara di kawasan Asia Tenggara. Tentunya hal tersebut berdampak dalam pengambilan kebijakan di setiap periode kepemimpinan negara. Kondisi ini akan membuat proses adaptasi baru dalam pembuatan strategi kebijakan secara makro yang nantinya berimplikasi kepada perumusan kebijakan secara mikro (Silalahi, 2014, hal. 1-13). Hubungan dalam kebijakan industri otomotif seperti kendaraan murah dan ramah lingkungan yang dilakukan oleh Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya tetap berjalan dalam pemerintahan Joko Widodosaat ini. Ketua umum Gaikindo Sudirman MR melihat bahwa setiap tahun pertumbuhan industri otomotif roda empat mengalami peningkatan di masa Susilo Bambang Susilo Bambang Yudhoyono, terbukti di tahun 2006 penjualan kendaraan roda empat mencapai 318 ribu menjadi 433 ribu di tahun 2007 lanjut di tahun 2008 mencapai titik 603 ribu sampai pada tahun 2013 akhir dapat mencapai 1.998.000 unit yang mendekati angka 2 juta unit (Marketeers, 2014). Lihat juga link berikut ini grill mercedes w208

Namun dibalik kepesatan industri otomotif saat ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberi peranan penting dalam melihat situasi yang akan berguna bagi peningkatan industri otomotif seperti kebijakan produksi mobil murah dan ramah lingkungan LCGC Low Cost and Green Car (Kemenperin, Kebijakan Otomotif Semakin Agresif, 2019). Hal ini terlihat di dalam berita Kementerian Perindustrian serta analisis data dari Gaikindo yang menyatakan peningkatan populasi mobil dari 2011 mencapai 10.53 juta unit. Pada tahun 2012 mencapai 11,47 juta unit, dan jumlahnya terus bertambah di tahun 2013 yang mencapai 12,53 juta unit (Kemenperin, Menilik Masa Depan LCGC, 2016). Ketika keberhasilan LCGC ini muncul di Indonesia mengakibatkan daya beli yang tinggi dan direspon baik oleh masyarakat menengah. Hanya saja permasalahan pembangunan infrastruktur yang lambat menjadi permasalahan yang di tinggalkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono di akhir jabatannya.

Hal ini membuat misi baru bagi Joko Widodo yang terdesak oleh dunia internasional seperti negara tetangga di Asia Tenggara contohnya Thailand, Malaysia, Filipina, dan juga Vietnam. Saat ini Indonesia memimpin pasar penjualan kendaraan bermotor di ASEAN dari data dari Federasi Otomotif ASEAN (AFF) dengan jelas memperlihatkan posisi Indonesia bersanding dengan jumlahpenjualan kendaraan bermotor mobil oleh negara-negara di Asia Tenggara penjualan terbanyak sepanjang tahun 2017 yang mencapai 1,079 juta di ASEAN di pegang oleh Indonesia. Indonesia memimpin di urutan pertama pada tahun 2017 dalam penjualan kendaraan bermotor mobil di angka 1.079.534 juta unit, lalu di ikuti oleh Thailand sebanyak 871.650 unit, ketiga oleh Malaysia sebanyak 576.635 unit, lalu terakhir Filiphina 425.673 unit (Priyanto, 2018). Terdorongnya Indonesia juga dikarenakan adanya persaingan yang sengit terhadap Thailand, sehingga negara lain yang berada dikawasan pun juga ikut membangun industri otomotifnya. Bahkan Joko Widodo juga menjelaskan adanya tantangan bagi Indonesia saat ini mengenai mobil listrik yang sudah semakin luas, lalu maraknya transportasi online yang pemerintah juga harus memberikan redefinisi mengenai kendaraan otonom tersebut, yang terakhir resiko jangka pendek melihat adanya pasar yang sangat besar seperti AS dan Tiongkok dalam persaingan dagang guna mempersiapkan Indonesia menerima dampak penurunan ekonomi dunia (Kusumo, 2019).

Dalam menghadapi tantangan tentunya peran Kementerian Perindustrian memiliki peran yang membantu negara dalam upaya mendukung pemerintah Indonesia agar menerapkan industri 4.0 serta meningkatkan investasi. Upaya yang dilakukan ini akan mempercepat langkah maupun strategi Indonesia dalam sektor industri otomotif semakin kuat. Jerman menjadi negara pertama yang di kunjungi oleh Airlangga Hartarto dalam melakukan kunjungan kerja ke dua negara yaitu Ceko dan Jerman (Satya, 2018, hal. 19-23).

 

Kunjungi juga tautan dibawah : 

 

Kopling berfungsi untuk memutus dan menghubungkan, antara mesin sebagai sumber energi mekanik dengan sistem pemindah tenaga. Proses ini diperlukan untuk mendapatkan pemindahan tenaga yang halus tanpa kejutan. Seperti diketahui motor sebagai sumber energy mekanik atau pembangkit tenaga, pada putaran rendah tenaga atau momen yang dihasilkan juga rendah. Oleh karena itu untuk menggerakan kendaraan, motor harus dioperasikan pada putaran yang lebih tinggi untuk menghasilkan tenaga mekanik yang lebih besar, maka apabila ini langsung dihubungkan akan terjadi gerakan yang tidak halus atau akan terjadi gerakan mengejut. Posisi kopling dalam sistem pemindah tenaga diletakkan antara mesin dan transmisi. Sehingga kopling dapat dioperasikan sesuai dengan kebutuhan, khususnya saat pengemudi ingin memindahkan tingkat kecepatan pada transmisi, dan menghilangkan kejutan saat pemindahan tenaga.

Desain kopling yang telah ada paling tidak ada dua, yaitu kopling mekanik dan kopling hidrolis. Kopling mekanik untuk mengoperasionalkan dipergunakan sistem manual gaya mekanik, sedangkan kopling hidrolis menggunakan tekanan hidrolik. Untuk pembahasan kali ini, hanya diambil jenis kopling mekanik. Hal ini dengan pertimbangan, penggunaan kopling hidrolik masih sangat terbatas, atau yang saat ini sistem kopling mekanik yang lebih banyak dipergunakan pada kendaraan.

Komponen unit kopling kendaraan terdiri dari plat kopling, plat tekan atau pressure plate, pegas, drug lager, dan mekanik pembebas kopling. Plate kopling berbentuk disk atau bulat, pada bagian ujungnya dipasang kampas untuk memperoleh gaya gesek yang diperlukan. Di bagian tengahnya terdapat pegas atau karet untuk meredap kejutan. Permasalahan kopling silp, dapat disebabkan oleh kondisi kampas yang sudah habis. Sehingga gaya gesek yang dihasilkan oleh plat kopling berkurang, akibatnya tidak mampu menahan tenaga yang harus dipindahkan. Untuk mengetahui kondisi kampas kopling, dapat dilakukan dengan secara manual yaitu dengan memperhatikan kondisi fisiknya secara langsung. Apabila alur pada kampas sudah hilang, berarti sudah harus diganti. Disamping itu apabila kampas diikat menggunakan kelingan, maka saat ujung kelingan sudah ikut aus, berarti kampas kopling sudah habis.

Pressure plate atau plat tekan atau sering disebut dengan plan disk, berfungsi untuk mejepit plat kopling pada bagian kampasnya. Kondisi permukaan plat tekan ini akan menentukan pula besarnya luas permukaan yang kontak dengan kampas kopling, yang berarti menentukan pula besarnya gaya gesek. Permukaan yang kasar karena keausan akan menyebabkan terjadinya kontak yang tidak atau kurang baik, sehingga gaya geseknya berkurang dan tenaga yang dapat dipindahkan juga berkurang. Untuk memperbaiki dapat dilakukan dengan menggerinda kembali apabila masih memungkinkan. Sebab apabila penggerindaan terlalu tebal, akan menggurangi tegangan pegas kopling. Sehingga meskipun permukaan halus, maka permasalahan slip tetap akan terjadi.

Pegas tekan kopling ada dua macam yaitu bentuk spiral dan bentuk diaphragma. Pegas ini berfungsi untuk menekan plat tekan, sehingga tegangan pegas akan menentukan kekuatan jepit plat tekan terhadap kampas kopling. Dalam permasalahanan kopling yang slip, kondisi pegas akan ikut menentukan. Sebab tegangan pegas ini merupakan gaya normal yang menentukan besarnya gaya gesek yang tejadi. Apabila tegangan pegas berkurang, berarti gaya normalnya berkurang dan akhirnya gaya geseknya juga berkurang. Pada saat beban yang digerakan mesin berat, maka kopling akan slip. Untuk memeriksa tegangan pegas kopling khususnya yang bentuk spiral, dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, mengukur panjang bebas pegas. Apabila panjang bebasnya masih sama dengan spesifikasi, berarti tegangan pegas masih baik. Cara kedua yaitu menggunakan spring tester. Pemeriksaan pegas ini untuk seluruh pegas yang dipergunakan, sebab apabila tegangan pegas antar pegas tidak sama berarti penekanan kampas kopling tidak merata. Kondisi ini juga akan menyebab-kan permasalahan slipnya kopling. Permasalahan slipnya kopling dapat juga disebabkan oleh adanya oli atau grease pada permukaan kampas kopling. Untuk mengatasi permasalahan ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu dengan membersihkan oli atau grease tersebut. Namun yang perlu dilakukan adalah mencari asalnya grease dan oli tersebut. Sebab apabila hanya dibersihkan tanpa menghentikan sumbernya, suatu saat akan terjadi kembali.

Gelaja permasalahan slipnya kopling, dapat diidentifikasi dengan memberi beban pada kendaraan. Caranya kendaraan diakselerasi, apabila kendaraan tidak terakselerasi dan suara mesinnya membesar berarti kopling slip. Hal ini terjadi karena beban akselerasi tidak mampu diangkat oleh gaya gesek kopling. Proses pemeriksaan komponen unit kopling hanya dapat dilakukan dengan memeriksa secara langsung, yaitu dengan membongkar unit kopling tersebut. Sebab bagaimanapun proses perbaikan atau penggantian komponen, tetap harus membongkar unit kopling tersebut.

 

Lihat juga tautan berikut :

 


 

 

Semacam ciri penggunaan motor diesel yaitu adanya kandungan asap pada gas buang. Meskipun hal ini seharusnya bukan suatu kebiasaan, dan dapat dilihat sebagai indikator bahwa mesin mengalami suatu permasalahan. Warna asap yang terkandung pada gas buang motor diesel dapat dikelompokan menjadi dua yaitu warna putih dan hitam. Kandungan asap pada gas buang, menunjukkan bahwa proses pembakaran yang terjadi terdapat gangguan. Sebab meskipun mesinnya menggunakan motor diesel, gas buang seharusnya dapat bersih sebagaimana yang terjadi pada motor bensin. Asap yang berwarna putih menunjukkan bahwa, temperatur penguapan bahan bakar kurang tinggi, sehingga bahan bakar mengalami proses penguapan setelah melampaui atau mendekati saat proses pembuangan. Warna putih gas buang tersebut, sebenarnya merupakan bahan bakar yang menguap namun belum sempat terbakar.

Permasalahan asap putih berawal dari kurang tingginnya panas penguapan bahan bakar, hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya jumlah udara yang dikompresikan pada langkah kompresi. Kurangnya udara dapat disebabkan oleh saringan yang sudah kotor, atau karena adanya bocoran dari ruang bakar. Disamping itu dimungkinkan karena rendahnya tekanan kompresi. Tekanan kompresi yang rendah, menyebabkan tidak tercapainya titik penguapan bahan bakar secara baik. Perlu dicatat apabila tekanan kompresinya sudah terlalu rendah, justru mesin sulit atau tidak dapat dihidupkan sama sekali. Sebab pada motor diesel, terjadinya proses pembakaran didalam silinder kebutuhan panasnya diambil dari panas udara yang dihasilkan dari langkah kompresi. Sehingga kasus warna putih ini, tekanan kompresi masih memungkinkan mesin hidup, hanya panas udara yang dihasilkan tidak mampu menguapkan seluruh bahan bakar yang ada. Sedangkan sebagaian besar bahan bakar menguap setelah terjadi proses pembakaran.

Permasalahan yang lain yang diduga menjadi penyebab asap warna putih, adalah permasalahan timing injeksi. Seperti diketahui, pada motor diesel bahan bakar tidak diinjeksikan sekaligus kedalam silinder, namun memerlukan periode waktu tertentu. Lama waktu penginjeksian bahan bakar ini, perlu diperhitungkan agar tidak terjadi penginjeksian bahan bakar sesudah waktu proses pembakaran. Sebab kondisi ini, menyebabkan bahan bakar tersebut hanya menguap dan ikut keluar besama gas buang, dan bentuknya menjadi asap berwarna putih. Dengan demikian permaslahan ini disebabkan oleh timing injeksi yang terlambat. Timing injeksi yang terlalu majupun akan menyebabkan permasalahan yang sama, yaitu terjadinya asap berwarna putih pada gas buang. Timing injeksi yang maju, akan menyebabkan penurunan temperatur kompresi. Hal ini karena panas sebagian diserap oleh bahan bakar yang diijeksikan, akibatnya saat seharusnya bahan bakar dapat terbakar belum dapat terbakar dan waktu pembakaran jadi mundur. Sehingga proses penguapan bahan bakar jadi terlambat, sampai dengan katup buang terbuka dan terbawa keluar berupa asap berwarna putih.

Dalam kaitannya dengan timing injeksi ini, khusus untuk pompa injeksi jenis individual timing antar silinder dapat bervariasi. Hal ini dapat diketahui adanya penyetelan sudut phasing. Sehingga pada kondisi tertentu dapat terjadi, perbedaan timing antar silinder. Kondisi ini menyebabkan kandungan asap putih pada gas buang, sebagai produk dari silinder tertentu yang tidak tepat timing injeksinya.

Sedangkan asap hitam yang terbawa oleh gas buang motor diesel, disebabkan oleh karena campuran yang gemuk. Sehingga permasalahan ini, disebabkan oleh karena jumlah bahan bakar yang dikirim kedalam silinder terlalu banyak. Kondisi ini dapat disebabkan karena kondisi injektor. Injektor pada sistem bahan bakar motor diesel, berfungsi untuk membentuk kabutan bahan bakar yang diinjeksikan kedalam silinder atau ruang bakar. Kondisi kabutan bahan bakar, ditentukan oleh tekanan bahan bakar yang diatur oleh injektor. Tekanan naik akan menghasilkan butiran kabutan bahan bakar yang halus, sebaliknya tekanan yang turun akan menghasilkan butiran kabutan yang kasar. Disamping itu, kondisi ujung injektor atau yang dikenal dengan nozzle sudah mengalami keausan. Baik tekanan yang berkurang maupun keausan nozzle, sama-sama menghasilkan kabutan bahan bakar yang kasar. Kondisi kabutan demikian, akan menyebabkan hambatan proses penguapan. Bahan bakar belum sampai menguap keseluruhan sudah kena temperatur pembakaran yang tinggi, sehingga sisa bahan bakar yang belum menguap akan membentuk karbon yang berwarna hitam yang keluar bersama dengan gas buang. Sehingga semakin kasar butiran pengabutan, akan semakin banyak jumlah karbon yang terkandung dalam gas buang.

 

Lihat juga tautan berikut : 

· headlamp xenia 2014

· headlamp xenia 2010

· stoplamp xenia 2010

· stoplamp xenia 2012

Tenaga untuk menggerakkan kendaraan, sehingga dapat bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain, diperoleh dari daya yang dihasilkan oleh mesin. Kelemahan tenaga mesin dapat dilihat dari beberapa indikator, yaitu kecepatan maksimumnya, daya angkut kendara-an, daya tanjak kendaraan, dan kemampuan akselerasi kendaraan. Kendaraan yang daya mesinnya menurun, biasanya tidak akan dapat mencapai kecepatan maksimal seperti biasanya, meskipun handel gas telah dibuka maksimum. Penurunan daya mesin juga dapat dilihat dari daya angkut maksimumnya juga berkurang, dan yang paling terasa yaitu saat kendaraan dipergunakan didaerah tanjakan. Penurunan daya mesin ini ditandai dengan penggunaan gigi transmisi yang lebih rendah, dan indikator yang lainnya akselerasi kendaraan berkurang.

Kelemahan daya mesin pada kendaraan, ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama karena mesinnya, dan kemungkinan kedua karena mekanisme pemindahan tenaga sampai ke roda penggerak kendaraan. Atau dengan kata lain, dua kemungkinan tersebut berasal dari sumber tenaganya, dan kemungkinan kedua karena mekanisme pemindah tenaganya. Kemungkinan pertama yaitu sumber tenaga atau mesinnya. Kelemahan tenaga mesin dapat disebabkan oleh berberapa faktor, yaitu tekanan kompresi, sistem pengapian, dan mekanisme katup. Pengaruh tekanan kompresi terhadap tenaga mesin, seperti telah dijelaskan pada bagian-bagian sebelumnya. Di samping tekanan kompresi merupakan modal dasar tekanan akhir proses pembakaran, sehingga penurunan tekanan kompresi akan menurunkan juga tekanan akhir pembakaran. Hal ini berarti penurunan tenaga mesin atau tenaga mesin melemah. Di samping itu, penurunan tekanan kompresi akan berpengaruh juga terhadap kualitas proses pembakaran baik kuantitas bahan bakar yang terbakar, maupun waktu pembakaran yang lebih lama. Kuantitas bahan bakar yang terbakar akan menentukan kuantitas kalor yang dihasilkan. Semakin banyak bahan bakar yang terbakar akan semakin banyak pula jumlah kalor yang dihasilkan, dan demikian pula sebaliknya. Sehingga penurunan tekanan kompresi, akan menyebabkan berkurangnya jumlah bahan bakar yang terbakar. Hal ini berarti berkurangnya jumlah panas hasil pembakaran, sehingga tenaga mesin juga ikut berkurang. Tekanan kompresi akan menentukan besarnya temperatur udara yang dikompresikan. Temperatur udara ini berkaitan dengan proses penguapan bahan bakar, sehingga penurunan tekanan kompresi akan menyebabkan bertambahnya waktu yang diperlukan untuk menguapkan bahan bakar. Pertambahan waktu ini akan menyebabkan sejumlah bahan bakar terbakar sesudah batas akhir proses pembakaran yang ditentukan yaitu sekitar 13 ~ 15 derajad sesudah TMA. Kondisi ini berarti terdapat sejimlah bahan bakar, tidak atau kurang dapat meningkatkan tekanan maksimum didalam silinder. Dengan demikan tenaga mesin akan menurun atau lemah.

Faktor kedua yang diduga berpengaruh terhadap besarnya tenaga mesin adalah sistem pengapian. Pengaruh sistem pengapian, terletak pada besarnya bunga api dan timing ignitionnya. Bunga api yang dihasilkan oleh sistem pengapian berfungsi untuk memulai proses pembakaran bahan bakar didalam silinder. Apabila bunga api yang dihasilkan besar, maka waktu yang diperlukan untuk proses pembakaran akan memenuhi syarat, sebaliknya apabila besarnya bunga api kecil maka waktu proses pembakaran akan lama. Kondisi ini akan menyebabkan sebagian bahan bakar, terbakar sesudah saat akhir pembakaran yang ditentukan. Faktor-faktor yang menentukan besarnya bunga api yang dihasilkan adalah, kondisi platina, kondisi kondensator, ukuran dwell, battery, coil, busi, dan kondisi sambungan dan kabel-kabelnya.

Di samping itu kemungkinan bunga api yang dihasilkan sistem pengapian memenuhi syarat, namun apabila saat pengapian atau timing ignitionnya tidak tepat maka tenaga yang dihasilkan mesin juga tidak optimal. Oleh karena itu timing ignition perlu diperiksa dalam kaitannya dengan kelemahan tenaga mesin. Penjelasan rasionalnya untuk sistem pengapian ini dapat dibaca pada halaman 24 dan 26.

Mekanisme katup juga akan berpengaruh terhadap tenaga mesin. Kasus-kasus yang disebabkan oleh mekanisme katup adalah ketidak tepatan valve timing, pembukaan katup, dan kebocoran katup. Valve timing behubungan dengan ketepatan siklus tertutup pada motor bensin. Ketidak tepatan valve timing akan menyebabkan siklus mesin tidak maksimal, sehingga tenaga yang dihasilkan juga tidak maksimal. Beberapa faktor yang menyebabkan adalah konstruksi cam shaft, dan clearance katup. Pembukaan katup dalam hal ini berhubungan dengan tinggi angkat nok. Berkurangnya pembukaan disebabkan karena keausan nok, dan berkurangnya tinggi angkat ini akan menyebabkan bertambah-nya hambatan laluan gas, baik gas baru maupun gas buang. Hambatan gas baru berakibat pada menurunnya rendamen volumetrik, sedangkan hambatan gas buang menyebabkan tidak bersihnya ruang bakar dari gas buang. Sisa gas buang ini akan berpengaruh pada proses pembakaran berikutnya. Sedangkan kebocoran katup akan menurunkan besarnya tekanan kompresi, dan pengaruhnya seperti telah dijelaskan di atas.

Faktor yang berasal dari luar mesin atau mekanisme pemindah tenaga, satu-satunya adalah kondisi kopling. Apabila kopling sudah slip, maka biarpun tenaga motor besar pemindahannya tidak maksimal. Kondisi ini dapat dirasakan tenaga mesinnya berkurang. Untuk kasus ini sebenarnya sangatlah mudah untuk diidentifikasi, yaitu dengan mengakselerasi kendaraan, maka akan terdengar suara mesin yang mengeras namun tidak sejalan dengan laju kendaraan. Kondisi slip kopling yang paling parah, untuk menggerakan kendaraanpun mesin tidak mampu. Sebab tenaga mesin tidak tersalurkan sama sekali, kemekanik pemindah tenaga seperti transmisi sampai dengan roda penggerak.

 

Lihat juga tautan berikut ini : 

Pada suatu kendaraan seperti mobil, lampu menjadi salah satu komponen yang memiliki peran penting. Selain bisa memberikan penerangan pada jalan yang minim pencahayaan, lampu juga berguna untuk memberi tanda bagi pengguna jalan yang lainnya, seperti jika ingin berbelok, ingin menepi, dll. Jenis lampu yang digunakan pada mobil sangat beragam. Selain lampu utama atau head lamp, ada jenis lampu mobil lainnya yang tak kalah penting, yaitu fog lamp atau lampu kabut.

Sesuai dengan namanya lampu kabut sangat tepat digunakan saat berkendara di kondisi jalanan yang berkabut seperti saat di dataran tinggi, kondisi hujan lebat, dll. Karenanya fog lamp tidak disarankan dinyalakan pada kondisi siang hari atau malam hari dengan kondisi jalanan yang terang. Karena cahayanya yang silau bisa mengganggu pandangan pengguna jalan lainnya. Sehingga dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Fungsi fog lamp sendiri adalah menambah daya penglihatan bagi pengendara mobil saat berkendara di jalanan berkabut seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sehingga pada kendaraan, penting terdapat jenis lampu ini agar keamanan dan keselamatan dalam berkendara dapat terpenuhi.

Manfaat Lampu Foglamp Pada Mobil

  1. Fog lamp untuk keselamatan.
    Saat berkendara di jalanan yang hujan dan berkabut, tak jarang kurang nyaman dan aman karena jarak pandang menjadi terbatas. Adanya fog lamp akan membantu mengatasi permasalahan ini karena mampu membantu penglihatan jalan berkabut menjadi terang. Sehingga dari keselamatan, lampu mobil yang satu ini benar-benar diperlukan agar tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain.
  2. Sinar dari fog lamp berguna sebagai penerang jalan.
    cahaya sinar dari fog lamp dibuat menyebar jauh dari arah kiri maupun kanan agar bisa menerangi dua sisi jalan.
  3. Sinar fog lamp aman.
    Fog lamp ditempatkan di bagian yang rendah, tepatnya pada bagian bemper mobil. Sehingga ketika fog lamp dinyalakan tidak akan mengarah ke mata pengemudi saat digunakan berkendara di jalanan yang berkabut.
  4. Ada cara penggunaan fog lamp yang optimal.
    Agar nyala fog lamp lebih optimal, sebaiknya matikan lampu utama atau head lamp ketika berkendara di jalanan berkabut. Hal ini untuk menghindarkan dari “tembok putih” karena sinar lampu yang dipantulkan kembali oleh kabut sehingga fungsi fog lamp lebih optimal.
  5. Fog lamp dengan cahaya berwarna kuning jauh lebih baik.
    Warna cahaya fog lamp ada yang dijual berwarna putih, kuning, dll. Sebaiknya pilih fog lamp dengan warna cahaya kuning karena dipercaya mampu memberikan daya pandang yang lebih bagus saat mobil digunakan berkendara di jalanan yang hujan dan berkabut.

Nah, itu tadi beberapa fakta mengenai fog lamp yang bisa Anda ketahui. Sejumlah dealer biasanya menawarkan aksesoris yang satu ini saat pembelian unit mobil baru. Untuk mobil baru yang belum dilengkapi dengan fog lamp, sangat disarankan memiliki komponen yang satu ini agar keamanan dan keselamatan dalam berkendara bisa terpenuhi. Terlebih di Indonesia, hampir setiap tahun mengalami musim penghujan. Dengan adanya komponen ini pada mobil Anda, tentu tidak akan mengganggu mobilitas Anda saat harus bepergian di cuaca hujan maupun berkabut.

 

Kunjungi juga link berikut ini : 

 

 

 

Aksesoris mobil adalah salah satu aspek penting yang saat ini banyak diburu para pemilik kendaraan roda 4. Fungsi dari aksesoris sendiri bermacam-macam. Adakalanya aksesoris ini berfungsi untuk membuat mobil lebih rapi meski membawa banyak barang atau menjamin keamanan mobil itu sendiri. Berikut ini diantaranya beberapa jenis aksesoris mobil dengan fungsi sebagai pengaman yang patut untuk Anda pasangkan pada kendaraan kesayangan, diantaranya adalah :

Jenis Jenis Aksesories Mobil

  1. Alarm mobil, ini adalah jenis aksesoris yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, dimana memang fungsinya sangat sederhana, dimana jika nantinya pintu mobil dibuka oleh orang yang tidak dikenal, secara langsung alarm tersebut akan mengeluarkan suara. Sehingga nantinya pemilik bisa langsung mendeteksinya. Harganya di pasaran sendiri juga tergolong cukup murah dikeluarkan oleh berbagai merk.
  2. GPS tracker, GPS ini memang sangat berguna untuk berkendara di era modern seperti sekarang ini, karena nantinya dapat digunakan sebagai sarana untuk mempermudah melacak suatu lokasi, juga dapat digunakan untuk mengecek dimana posisi kendaraan tersebut, tentunya setelah menyambungkan dengan perangkat elektronik yang dimiliki, seperti diantaranya adalah komputer maupun disambungkan dengan smartphone.
  3. Kunci stir, sarana pengaman yang satu ini juga banyak sekali dipakai, karena cara kerjanya cukup sederhana, tak hanya bisa digunakan pada motor saja, melainkan juga mobil, dimana pencuri meskipun bisa masuk kedalam kendaraan, namun tidak akan bisa menggunakan kendaraan tersebut, karena mobil meskipun berjalan, namun tidak dapat dibelokkan.
  4. Kamera mobil, ini termasuk produk elektronik terbaru yang memiliki berbagai macam fungsi, termasuk untuk menjaga kendaraan tetap aman, biasanya dipasangkan di bagian spion kendaraan dengan ukuran yang kecil, bahkan tidak terlihat, ataupun juga pada bagian dashboard. Sehingga dimanapun Anda berada bisa dengan mudah mengecek kondisi di sekitar kendaraan tersebut, begitu juga jika seandainya mobil hilang, ada fiture tambahan semacam GPS pada kamera tersebut yang dapat digunakan melacak keberadaannya.

 

Kunjungi juga link berikut : 

 

BMW adalah jenis mobil mewah yang masih sangat diminati hingga sekarang termasuk di Indonesia. Sebagai mobil mewah tentu aksesoris dan suku cadang perlu menjadi perhatian bagi pemilik mobil ini. Apalagi zaman sudah semakin modern dan maju, tidak heran apabila saat ini muncul beberapa atau berbagai macam pabrik yang mampu menciptakan berbagai macam teknologi yang sangat maju dan modern. 

 

Teknologi inilah yang nantinya akan memberikan kemudahan pada hidup manusia. Sebagai contohnya adalah lampu yang biasa dipasang pada mobil. Untuk jenisnya sendiri saat ini sudah ada banyak sekali variasinya dengan berbagai pilihan warna dan fungsi yang berbeda-beda. Sebagai contohnya adalah lampu belakang BMW.

 

Di pasaran otomotif yang ada di Indonesia, Anda bisa menemukan banyak sekali toko yang menjual berbagai macam jenis lampu yang cocok untuk beberapa merk mobil mulai dari BWM sampai dengan mobil biasa seperti Avanza dan Xenia yang sangat terkenal dengan mobil sejuta umat. 

 

Tetapi satu hal yang sangat penting dan perlu menjadi perhatian Anda bahwa tidak semua toko yang menjual lampu untuk mobil seperti katakanlah mobil BMW akan memiliki kualitas yang sama antara mobil yang satu dengan yang lain. Jadi sangat diharapkan Anda memang harus benar-benar berhati-hati memilih mana yang memang produk terbaik dan memiliki kualitas yang bagus.

 

Tetapi disisi lain karena ada banyak sekali pilihan tempat yang bisa digunakan untuk membeli lampu belakang untuk mobil BMW maka akan pula memberikan kemudahan pada Anda sebagai konsumen untuk melakukan pemilihan kira-kira produk mana dan toko mana yang terbaik dan memiliki barang yang asli. Dan maka dari itu, tidak perlu khawatir bagi Anda yang bingung untuk menentukan tempat yang tepat untuk membeli lampu belakang pada mobil BMW, berikut ini adalah hal penting yang perlu menjadi perhatian:

 

Tips Terhindar Lampu Mobil BMW Palsu

  1. Hindari pembelian online
    Pembelian online memang akan sangat membantu bagi Anda yang mungkin tergolong orang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu. Tetapi bila Anda tidak memiliki kelebihan dan keahlian dalam berbelanja online, sebisa mungkin hindari kegiatan ini. Mengapa demikian? Hal ini supaya bisa menghindarkan Anda dari resiko kerugian yang bisa Anda terima dari belanja online termasuk salah satunya adalah saat membeli lampu belakang untuk membeli mobil BMW. Jika bisa lakukan pembelian secara langsung dengan datang ke toko yang menjual lampu khusus untuk BMW.
  2. Belilah di toko resmi
    Untuk jenis lampu mobil BMW memang masih sangat sedikit sekali toko yang menjualnya. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa tidak aka nada barang palsu yang dijual di pasaran otomotif. Jadi untuk menghindarkan Anda dari barang palsu tersebut, maka usahakan apabila Anda ingin membeli lampu khusus untuk bagian belakang mobil BMW usahakan untuk membelinya di toko resmi. Jadi tidak mungkin Anda menjadi korban penipuan.

 

Dengan memperhatikan hal di atas, nantinya bisa menjadi panduan bagi Anda apabila ingin membeli lampu belakang BMW. Cukup mudah memang kelihatannya. Namun jangan anggap sepele. Karena bisa jadi barang yang Anda beli ternyata adalah barang palsu bukan yang asli.

 

Bila sampai Anda mendapatkan barang yang asli maka akan ada beberapa hal yang mungkin akan Anda dapatkan seperti misalnya Anda akan menderita kerugian yang cukup besar mengingat bahwa harga lampu untuk mobil BMW ini sudah pasti tidak murah harganya. Dan dari sini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Anda juga jangan sampai tergiur dengan produk murah harganya, karena bisa jadi barang tersebut adalah palsu. 

 

Kunjungi juga link berikut : 

 

 

Body kit adalah salah satu jenis aksesori pendukung untuk memodifikasi mobil agar tampilannya terlihat berbeda dari mobil kebanyakan dan tidak mainstream. Untuk pemasangan body kit terbilang cukup mudah dan aman diaplikasikan pada mobil. Namun tentunya harus dilakukan secara cermat dan oleh orang yang kompeten untuk melakukannya. Body kit hingga kini masih menjadi favorit bagi para pecinta mobil untuk upgrade tampilan kendaraannya menjadi lebih sporty.

Secara umum, body kit terbagi atas bemper mobil bagian depan dan belakang, serta sideskirt di sisi bagian bawah pintu mobil bagian kiri dan kanan. Ada banyak alasan mengapa banyak orang memilih untuk mengimplementasikan body kit di kendaraannya. Salah satunya adalah biayanya yang terbilang cukup murah dan terjangkau namun mampu memberikan efek yang signifikan terhadap penampilan eksterior mobil. Mulai dari hal yang kecil seperti menambah atau mengganti pelat body hingga penambahan spoiler mobil di atas kap bagian belakang. Rumah Modifikasi adalah tempat dimana kamu bisa membeli body kit berkualitas dengan harga murah yang ada di Jakarta. Silakan saja cek langsung ke website rumahmodifikasi com dan temukan berbagai pilihan aneka body kit yang cocok untuk mobil kesayangan kamu disana!

 

Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Body Kit


Sebelum menentukan pilihan akan membeli body kit yang seperti apa, ada baiknya untuk menyimak beberapa hal berikut ini yang wajib menjadi pertimbanganmu sebelum memutuskan untuk membeli body kit mobil.

1. Budget

Dana, merupakan hal yang terpenting dalam hal ini. Sebelum kamu membelinya, kamu harus terlebih dahulu menetapkan budget yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu agar tidak melebihi batas. Dengan budget yang telah ditentukan, kamu bisa memilih jenis body kit yang harganya sesuai budget namun tentunya tetap  memiliki kualitas baik. Di rumah Modifikasi, kamu bisa menggunakan fitur filter untuk menyortir daftar barang yang harganya tidak melebihi budgetmu sehingga tidak membuat kantongmu jebol.

2. Bahan Dasar

Secara umum, body kit yang beredar dan dijual di pasaran terbuat dari dua macam bahan yakni plastik dan fiber glass (FRP). Body kit berbahan fiber memiliki kelebihan yaitu mudah untuk dibentuk, karena pembuatan mould atau cetakannya relatif murah dan tidak memerlukan mesin khusus. Apabila terjadi cacat produksi, body kit berbahan fiber juga dapat direvisi kembali dengan mudah. Kekurangannya, bahan fiber tidak durable alias tidak tahan lama. Penampilannya pun bisa berubah seiring waktu, tidak sebagus saat awal dipasang. Apalagi jika terjadi benturan, bahan fiber ini bisa langsung patah bahkan pecah, yang membuat tingkat kepresisiannya menjadi kurang sempurna.

Sebaliknya, body kit dengan bahan dasar plastik cenderung bersifat lebih presisi. Secara penampilan, bahan plastik juga lebih bagus, tahan benturan, serta catnya pun lebih tahan lama. Kekurangannya, membuat cetakan body kit untuk bahan plastik ini membutuhkan banyak biaya, waktu pengerjaan yang lebih lama, sehingga biasanya diproduksi untuk kuantitas besar atau secara massal karena membutuhkan investasi yang cukup besar. Selain kedua bahan tersebut, terdapat pula bahan PU atau polyurethane. Namun bahan ini agak jarang digunakan untuk umum karena harganya yang terbilang cukup mahal. Dengan budget yang kamu miliki, tentu sekarang jadi lebih jelas bahan apa yang sekiranya bisa pas sesuai dengan kondisi keuanganmu.

3. Durabilitas dan Safety

Durabilitas alias ketahanan sangat berkaitan dengan alasan safety atau keamanan. Bahan plastik dan PU tentunya akan lebih durable dan aman daripada bahan fiber yang karakteristiknya rentan pecah jika terjadi benturan. Memang, bahan plastik dan PU biasanya sedikit lebih mahal dibanding bahan fiber, namun kedua bahan ini lebih tahan terhadap benturan sehingga cenderung lebih awet dan aman untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

Produk Body Kit Mobil Berkualitas di Rumah Modifikasi

Bagi kamu pemilik mobil merek Audi, BMW, Mitsubishi, Mini Cooper, Chevrolet, Daihatsu, Ford, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, Kia, Land Rover, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Lexus, Mazda, Mercedes, Nissan, Opel, Porsche, Peugeot, (VW) hingga Volvo kini bisa mendapatkan body kit di Rumah Modifikasi. Berikut ini beberapa produk body kit mobil yang dijual atau disediakan oleh Rumah Modifikasi, antara lain :

  • Bumper Mobil
  • Duck Tail
  • Fender
  • Foot Step
  • Grill
  • Handle Door Insert
  • Side Mirror
  • Slide Skirt
  • Spoiler Mobil


Segera cek websitenya dan temukan produk body kit mobil yang paling sesuai dengan budget dan paling pas dengan gaya mobil anda hanya di rumahmodifikasi com.

Keuntungan Beli Body Kit Mobil di Rumah Modifikasi

Bagi anda yang mungkin masih ragu untuk membeli body kit di Rumah Modifikasi, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan, yaitu :

  1. Harganya yang cukup terjangkau dan juga kualitas barangnya sudah terjamin.
  2. Hanya mendaftar di website rumahmodifikasi com anda sudah menjadi salah satu pelanggan kami dan dapat berbelanja dengan mudah di toko online tersebut.
  3. Selalu memberikan penawaran produk terbaik dengan potongan harga atau diskon setiap bulannya.
  4. Memastikan dan menjamin keamanan pelanggannya, baik dari segi data ataupun proses transaksinya.
  5. Menjamin para pelanggan mendapatkan produknya sampai tujuan dan sesuai dengan pesanan.
  6. Sebelum barang dikirim, kami akan memastikan jika barang yang dipesan dalam keadaan baik atau tidak cacat.
  7. Tersedia berbagai aneka body kit untuk semua merek mobil.

 

Jadi tak perlu ragu lagi jika ingin memasang body kit pada mobil anda, segera hubungi dan kunjungi rumahmodifikasi com untuk kebutuhan modifikasi mobil kesayangan Anda. Beragam aneka body kit untuk semua merek mobil tersedia disini.

Bagi Anda yang sedang mencari toko aksesories lampu mobil, Anda bisa kunjungi link dibawah ini : 

 

 

 

Perkembangan dunia otomotif sekarang ini memang cukup pesat sekali, banyak tuntutan yang menjadikan teknologi sebagai penunjang kelancaran beraktivitas. Salah satu yang terlihat adalah pada penyematan jenis lampu LED mobil yang banyak orang mengatakan dapat memberikan kesan lebih elegan dan futuristik. Seperti yang diketahui bersama jika harga lampu utama pada mobil asli itu tidak murah, makanya banyak sekali masyarakat yang memutuskan untuk mengganti dengan tipe hologen after market dengan beberapa merek pilihan. Salah satu alasannya karena memang lebih ramah di kantong.

Seiring dengan kepopuleran teknologi LED sekarang ini maka tidak sedikit pengguna kendaraan roda empat memutuskan untuk mengganti lampu utama mereka dengan tipe LED. Jika dibandingkan dengan yang lain memang jenis tersebut menyimpan banyak kelebihan didalamnya. Seperti harga yang lebih terjangkau, kualitas pencahayaan yang baik, mudah ditemukan diberbagai tempat dan daya pakai lebih hemat. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan penggantian karena beberapa kelebihan diatas. Tentu saja Anda harus mempertimbangkan pula beberapa kekurangan didalam penggunaan jenis lampu tersebut seperti : 

  1. Cahaya putih sering sekali dinilai kurang maksimal ketika dalam kondisi hujan lebar.
  2. Lampu LED umumnya dibekali dengan kipas, sehingga dalam penggunaannya terdengar suara di luar akibat kipas tersebut.
  3. Tidak terlalu pas untuk mendukung keselamatan berkendara ketika dalam cuaca buruk.
  4. Memberikan efek bising yang tidak memberikan kenyamanan pada saat Anda menggunakan.

 

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan khusus sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk melakukan penggantian. Banyak orang yang berfikir jika mengganti lampu headlamp ataupun lampu lain dengan jenis LED merupakan lampu standar itu lebih baik. Apalagi setelah melihat beberapa kelebihan didalamnya. Jika memang masih ragu untuk menggunakan lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan para teknisi. Tanyakan jenis mana yang paling sesuai untuk digunakan melihat dengan penggunaan Anda sehari-hari. Membandingkan antara satu jenis dengan jenis lampu lainnya itu sah-sah saja, apalagi Anda ingin mendapatkan kualitas yang terbaik. Kemunculan LED sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan hal itu dapat menggeser beberapa jenis lampu lainnya.

Tetap ada kekurangan dan kelebihan pada masing-masing jenis lampu. Tetapi semua itu tetap kembali kepada Anda, pilihan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan bukan saja melihat pada kepopuleran. Jika sudah seperti itu pasti akan mendapatkan jenis terbaik. Jika sudah fix dalam memutuskan penggantian jenis lampu LED pada mobil Anda, saatnya untuk menemukan toko otomotif yang memberikan penawaran produk mobil Anda. Karena satu jenis mobil dengan lainnya itu tidak mempunyai model yang sama, jadi Anda harus menemukan yang paling sesuai. Tidak perlu kerepotan mengunjungi toko satu dengan lainnya, karena hanya dengan melalui sistem online saat ini Anda sudah bisa mendapatkan lampu yang diimpikan. Tidak percaya bisa, coba langsung saja Anda cek melalui beberapa toko online. Toko online khusus menyajikan perlengkapan otomotif yang hadir sebagai salah satu alternatif untuk menemukan sparepart mudah atau lampu LED mobil yang Anda cari. Jangan khawatir, banyak situs terbaik dan terpercaya dalam pemberian berbagai barang otomotif. Anda bisa mendapatkan lampu yang tepat karena memang lebih lengkap dan mudah dari pada melalui offline. Sampai dengan saat ini toko aksesoris mobil online tetap menjadi salah satu alternatif tempat terbaik, yakin masih ragu menggunakan media modern itu?

 

Bagi Anda yang sedang mencari toko aksesories lampu mobil, Anda bisa kunjungi link dibawah ini :

 

 

 

 

Ditinjau dari segi kondtruksinya, alat angkat kendaraan cukup banyak jenisnya termasuk yang digunakan untuk alat berat. Tetapi yang akan dibahas pada penulisan ini adala alat angkat kendaraan penumpang atau kendaraan ringan (niaga). Alat angkat kendaraan niaga kapasitas 2 ton yang akan di produksi, mudah digunakan karena gampang menggesernya kearah posisi yang diinginkan, disamping itu waktu yang dibutuhkan untuk mengangkat kendaraan lebih cepat dan aman, akan tetapi digerakkan secara manual. Alat angkat tersebut, komponen-komponennya dibuat dari besi besi siku dengan proses penyambungan menggunakan las listrik. Dapat berjalan dan berputar diatas empat roda, terdapat sebuah dongkrak botol yang dapat digerakkan secara manual oleh oleh operator menggunakan tuas penggerak. Tuas tersebut dapat juga dipakai untuk mendorong atau menarik alat angkat kendaraan.

Material yang dibutuhkan dalam proses produksi, terdiri dari dua macam besi siku yaitu dengan ukuran 50x50x6 mm dan 40x40x3 mm. Dalam proses produksi ini dipilih bahan baku (raw materials) berupa besi siku standar dengan panjang 6000 mm. Setelah menerima informasi dari bagian perencanaan segera menggabungkan informasi ini dengan spesifikasi/gambar teknik produk. Gambar ini biasanya diperoleh dari bagian desain. Dari gabungan dua informasi tersebut dapat dibuat diagram aliran produksi atau dikenal dengan aliran manufaktur global

Aliran proses produksi merupakan jantung produksi dari pembuatan alat angkat kendaraan niaga. Pada aliran proses produksi ini dilakukan analisis tahapan proses pembuatan, mesin atau peralatan yang digunakan, serta waktu pengerjaan komponen alat angkat kenadaraan niaga.

 

Kunjungi juga link berikut ini :

  1. grill w210
  2. lampu belakang hrv 2015
  3. headlamp hilux vigo
  4. lampu belakang hilux vigo
  5. body kit hilux vigo
  6. grill lexus rx300
  7. body kit lexus rx300
  8. lampu belakang kia visto
  9. headlamp isuzu panther

 

 

Pages: 1 2 3 4 »

Archives